Sunday, October 11, 2009

Lawang Sewu (Thousand Door)


Lawang Sewu Landmark of Semarang

Lawang Sewu merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatscappij atau NIS. Dibangun pada tahun1904 dan selesai pada tahun1907. Terletak di salah satu pusat kota Semarang tepatnya di bundaran Tugu Muda.

Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu (Seribu Pintu) dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu banyak sekali meskipun jumlahnya tidak mencapai seribu.


Sejarah:


Lawangsewu dibangun tahun 1908, yang dikerjakan oleh arsitek Belanda Profesor Klinkkaner dan Quendaag. Tahun 1920, gedung ini mulai dipakai sebagai kantor pusat Nederlandsch Indische Spoor-weg Maatschapij (NIS), sebuah maskapai atau perusahaan kereta api pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1864.
Lawang Sewu resmi digunakan tanggal 1 Juli 1907. Dalam perkembangannya, Lawang Sewu juga terkait dengan sejarah pertempuran lima hari di Semarang yang terpusat di kawasan proliman (Simpanglima) yang saat ini dikenal sebagai Tugu Muda.
Saat meletus Pertempuran Lima Hari di Semarang, 14-18 Agustus 1945, Lawangsewu dan sekitarnya menjadi pusat pertempuran antara laskar Indonesia dan tentara Jepang. Pada peristiwa bersejarah tersebut, gugur puluhan Angkatan Muda Kereta Api (AMKA).

SISI LAIN LAWANG SEWU

Selain merupakan Bangunan yang mempunyai sisi historis... tempat ini juga menyimpan berjuta misteri didalamnya. bahkan banyak pula sisi mistis yang sering di bicarakan orang. bahkan sampai ada acara televisi yang mengangkat hal2 mistis yang ada di lawang sewu... hmmm... ada-ada saja...

No comments:

Post a Comment